3 Aplikasi Dapat Mengolah Sampah Menjadi Uang

3 Aplikasi Dapat Mengolah Sampah Menjadi Uang

3 Aplikasi Dapat Mengolah Sampah Menjadi Uang – Setiap hari, kita pasti menemui Sampah dimana pun kita berada.entah itu diluar rumah, sekolah, kantor, jalanan, hingga di dalam ruangan. Sampah sendiri terbagi dalam beberapa jenis, mulai dari yang mudah diolah hingga yang sulit terurai hingga membutuhkan waktu yang cukup lama seperti Sampah jenis plastik. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meminimalisir produksi Sampah yang terus bertambah adalah dengan menggunakan tas belanja agar penggunaan plastik dapat berkurang.

Jika dilihat dari data yang Ada, produksi Sampah setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dan memerlukan usaha yang lebih besar untuk mengatasi masalah tersebut. Saat ini hadir beberapa Aplikasi yang dapat digunakan sebagai wadah untuk Mengolah dan mendaur ulang beberapa jenis sampah bahkan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, di antaranya :

3 Aplikasi Dapat Mengolah Sampah Menjadi Uang

1. Duitin

Ditin merupakan sebuah Aplikasi yang dibuat sebagai tempat untuk memilih dan memisahkan jenis Sampah yang akan didaur ulang dan diolah kembali menjadi barang yang berguna. Di sini kita akan diarahkan cara memisahkan Sampah sesuai dengan jenis nya. Pengolahannya akan dimulai dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat untuk mengambil sampah-sampah yang telah dikumpulkan sebelumnya. Sampah yang telah dikumpulkan ini akan disatukan dalam sebuah gudang atau tempat pengelolaan. Duitin kontributor yang berhasil menjual sampah-sampah nya akan diberikan reward oleh pihak picker berupa Duitin Coin yang dapat dipergunakan untuk membeli berbagai jenis produk yang Ada di dalam platform. setiap transaksi yang terjadi di dalam platform akan mendapat coin yang kemudian akan dicairkan ke rekening bank.

Saat ini Ada enam spesifikasi Sampah yang dapat dikelolah oleh pihak Duitin seperti plastik, karton, kaca, minyak jelantah, kaleng aluminium serta kotak multiplayer.

2. e-Recyle

Berada dibawah naungan PT Multi Inti Digital Lestari yang bergerak dalam usaha mengurangi Sampah. Aplikasi ini cukup mudah dan menarik dengan membantu menyortir berbagai jenis Sampah yang Ada. Setelah disortir, sampah-sampah yang telah dikumpulkan itu akan diserahkan Kepada petugas yang datang kerumah masyarakat. sampah yang diserahkan Kepada petugas ini telah nemiliki nilainya masing-masing tergantung jenis nya. pembayarannya pun dapat dibayarkan secara tunai maupun non tunai. untuk sampah plastik sendiri diberi harga sebesar Rp 4.000. Aplikasi ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya menangani masalah sampah yang hingga saat ini menjadi problematika yang cukup meresahkan. Masih berada dalam tahap pengembangan, aplikasi ini masih di kembangkan di daerah jabodetabek, namun akan terus di kembangkan hingga ke seluruh Indonesia.

3. Rapel

Sebuah aplikasi baru yang tengah ramai diperbincangkan public ini merupakan sebuah aplikasi atau wadah yang membantu masyarakat dalam menangani masalah sampah. Sampah yang Ada dan terus menumpuk ini tentunya menjadi sebuah masalah serius yang terus di cari solusinya. hingga tercipta sebuah aplikasi yang akan membantu menangani masalah sampah. Rapel atau Rakyat Peduli dibuat dengan tujuan untuk membantu menjual sampah-sampah yang telah dipilah dan dikumpulkan hingga dapat menghasilkan. Sampah itu kemudian di jual kepada kolektor sampah yang telah menjadi mitra pada aplikasi Rapel. setelah aktivitas transaksi ini dilakukan, maka baik pengguna maupun kolektor sampah akan sama-sama mendapatkan poin yang dapat ditukarkan pada platform yang Ada sesuai dengan promo yang tersedia. adapun klasifikasi sampah yang dapat diolah dan didaur ulang adalah plastik, kertas, logam, electronic, organic dan juga botol. namun karena tergolong masih baru, maka aplikasi ini hanya dapat menjangkau daerah Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Denpasar.

Author: andri