5 Pembalap Asia Yang Mampu Bersaing Di MotoGP

5 Pembalap Asia Yang Mampu Bersaing Di MotoGP

5 Pembalap Asia Yang Mampu Bersaing Di MotoGP – Arena balap MotoGP pada Tahun 2019, kini mengikutsertakan dua pembalap Asia. Mereka adalah Hafizh Syahrin dari Malaysia dan Takaaki Nakagami dari Jepang. Arena balap MotoGP memang telah lama tidak di isi oleh pembalap Asia yang cukup hebat dan mampu bertanding secara kompetitif dan kini mereka kembali merasakan panas nya aspal arena balap MotoGP.

Inilah 5 pembalap Asia Terbaik dan mampu bersaing di MotoGP, yaitu :

5 Pembalap Asia Yang Mampu Bersaing Di MotoGP

1. Daijiro Kato

Memulai karir sebagai pembalap, Kato langsung menunjukkan potensinya dengan menjadi juara dunia kelas 250cc pada musim 2001. Kato bahkan dijuluki sebagai pembalap paling berbakat asal Asia bahkan hingga saat ini.

Tak berhenti di situ, ia kembali Mencuri perhatian saat naik podium sebanyak 2 kali pada MotoGP 2002,walaupun hanya sebagai debutan. Hingga pada Tahun 2003, kecelakaan tragis yang berhasil merenggut nyawanya saat mengikuti lomba di putaran pertama pada MotoGP di Jepang.

2. Tadayuki Okada

Mendapat Julukan sebagai pembalap yang super kompetitif, Tadayuki Okada berhasil mencatat prestasi dengan total lomba yang pernah di ikuti sebanyak 116 kali dan menggandeng 6 kali kemenangan serta 36 podium. Tak hanya itu, Okada juga merupakan Runner Up kelas 250cc pada Tahun 1994 dan Runner Up kelas 500cc pada Tahun 1997. Karir nya yang mulai bersinar perlahan mulai turun saat dia memiliki rekan satu Tim bernama Mick Doohan yang berhasil menempati posisi yang telah di rebut Okada

3. Norifumi Abe

Diusianya yang masih muda, Abe telah banyak mengukir sejarah kemenangan. Tercatat, Ada sebanyak 144 lomba yang pernah di ikuti Abe dan berhasi merebut 3 kali kemenangan dan telah 17 kali naik keatas podium.

Prestasi terbaiknya di Tahun 1996, dengan posisi kelima di kelas 500cc sebelum akhirnya meninggal setelah terlibat kecelakaan dengan truk yang bahkan melanggar lalu lintas saat abe tengah berkendara motor. Abe sendiri dikenal sebagai pembalap dengan tingkat konsistensi yang tepat.

4. Makoto Tamada

Tamada sendiri tercatat telah naik ke podium pertama sebanyak dua kali di MotoGP musim 2004. Pada musim itu, Tamada berhasil mengakhiri kompetisi di posisi ke enam klasement.tak hanya itu, pada superbike tamada juga berhasil naik podium pertama sebanyak Tiga kali. Uniknya, semua kemenangan ini bisa ia rasakan di Jepang, yang adalah negara asalnya.

5. Noriyuki Haga

Berbeda dari keempat pembalap sebelumnya, Haga tidak terlalu menonjol pada pertandingan MotoGP.  Ia tercatat hanya dua kali tampil dalam satu musim penuh dengan posisi podium ketiga pada MotoGP musim 1998 yang digelar di Jepang. Berbeda dengan arena MotoGP, Haga menunjukkan Potensinya di Superbike. Haga bahkan dijuluki sebagai Pembalap Asia paling sukses.

Tampil sebanyak 312 kali, haga berhasil naik podium sebanyak 116 kali dengan menggandeng 43 kali kemenangan. Haga juga tercatat hampir Tiga kali menjadi juara dunia superbike dan berhasil menjadi Runner Up pada musim 2000, 2007 dan 2009.

Author: andri